DATA KUALITAS UDARA AMBIEN TAHUN 2022 KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN

Pelaksanaan Pemantauan Kuliatas Udara

Kualitas lingkungan hidup yang sehat merupakan hal penting dalam keberlangsungan hidup manusia.  Pengukuran kinerja lingkungan adalah bagian penting dari sistem manajemen lingkungan yang harus diperhatikan oleh pemerintah daerah agar tidak hanya berfokus pada pembangunan ekonomi, tetapi juga perlu memperhatikan kerusakan yang ditimbulkan terhadap lingkungan demi tercapainya tujuan pembangunan yang berkelanjutan. Dokumen informasi kinerja pengelolaan lingkungan hidup daerah disusun untuk memenuhi amanat Undang-Undang RI Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dalam Bab VIII tentang Sistem Informasi Pasal 62 ayat (1-3) yang menjelaskan bahwa Pemerintah dan Pemerintah Daerah mengembangkan sistem informasi lingkungan hidup untuk mendukung pelaksanaan dan pengembangan kebijakan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup. Sistem informasi lingkungan hidup dilakukan secara terpadu dan terkoordinasi serta wajib dipublikasikan kepada masyarakat. Salah satu komponen dalam lingkungan hidup adalah udara.

Metode pengambilan data kualitas udara ambien secara garis besar terdiri atas 2 (dua): metode manual dan metode otomatis. Metode manual dilakukan dengan cara pengambilan sampel udara terlebih dahulu lalu dianalisis di laboratorium. Metode manual ini dibedakan lagi menjadi metode pasif dan metode aktif. Perbedaan ini didasarkan pada ada tidaknya pompa untuk mengambil sampel udara. Adapun metode pengambilan sampel udara ambien Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan menggunakan metode passive sampler secara manual selama 2 kali pemantauan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Berdasarkan raport IKU Tahun 2022, penacapaian Indeks Kualitas Udara yaitu 90,89 yang termasuk kategori sangat baik. Namun, angka ini dikatakan tidak memenuhi target karena target Indeks Kualitas Udara berdasarkan RPJMD Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.  Berikut data pemantauan kualitas udara ambien melalui metode Passive Sampler tahun 2022.

raport-iku.pdf